3/2/14

Algoritma Merupakan Jantung Informatika

 (diambil dari buku: Algoritma dan Pemrograman Dalam bahasa Pascal dan C Edisi ke3 buku 1,Renaldi Munir, penerbit Informatika,2005)
Algoritma Adalah Jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak Cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma.Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang digambarkan dalam suatu algoritma. Cara-cara membuat kue atau masakan, misalnyadinaytakan dalam suatu resep. Resep masakan adalah suatu algoritma,misalnya, resep membuat Otak-otak Ikan bandeng (dikutip dari tabloit Nova 25 agustus 1996) .

Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-langkah membuat masakan.ibu-ibu yang mencoba resep sebuah masakan akan membaca satu persatu langkah pembuatannya, lalu ia mengerjakan proses sesuai dengan yang ia baca.secara umum, pihak yang mengerjakan proses disebut pemroses(processor).pemroses tersebut bisa berupa manusia,komputer,robot,atau alat-alat mekanik/elektronik lainnya. pemrosesmelakukan suatu proses dengan mellaksanakan atau mengeksekusi algoritma yang menjabarkan proses tersebut. melaksanakan algoritma,berarti melaksanakan langkah-langkah di dalam algoritma tersebut.

(didalam buku dituliskan resep bagai mana membuat otak-otak. namun saya tidak menuliskannya karena dirasa itu tidak perlu karna mungkin kita sudah tau bagai mana sebuah resep masakan di tulis dimana bahan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu di cantumkan kemudiaan proses bagai mana membuatnya.)

pemroses, mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya. juru masak membuat kue berdasarkan resep yang diberikan kepadany koma pianis memainikan lagu berdasarkan papan not balok, teknisi merakit mobil berdasarkan panduan merakit. karena itu suatu algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemrooses. seorang pianis tidak dapat memainkan musik bila ia tidak mengerti not balok.
menurut (Goldshlager,Les & Lister,Anfrew,Computer Science, A Modern Introduction, Edisi kedua,Prentice Hall,1988.) suatu pemroses harus:
1. mengerti setia[ lankah dalam algoritma,
2 mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

No comments:

Iklan

Iklan

Iklan