2/17/14

Deklarasi dan Statemen


Deklarasi dan Statemen
Artikel dibawah ini akan membahas tentang deklarasi dan statemen kecuali klosa uses dan  reservedword (dan hal-hal yang berkaitan dengan unit seperti   implementation). Program dibangun dari deklarasi dan statements yang di kelola  didalam sebuah block.

deklarasi

DEKLARASI
 
Nama dari sebuah variable, constanta, type filed,propertys,procedure, function,program, unit library,dan packages disebut identifier.

Sebuah identifier harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum dapat kita pakai.
variable result  tejadi di dalam sebuah blok function.
Sedangkan variabel self digunakan didalam implementation sebuah metod.
Sebuah deklarasi mendefinisikan identifier dan ketika sesuai akan di alokasikan memori untuk menampung identifier tersebut.
Untuk mendeklarasikan sebuah variabel kita dapat menganalogikan sebuah wadah kosong yang diberi nama dan wadah tersebut mempunyai kapasitas daya tampung dan jenis barang apa yang dapat di tampung.

contoh:
var ukuran: Extended;
deklarasi variabel bernama ukuran dapat diisi jenis extended(termasuk katagori bilangan riil).

contoh :
Function jalankan(x,y:string):integer;

Deklarasi sebuah fungsi bernama jalankan mempunyai dua buah argument string dan return(hasil keluaran) bertipe integer. Masing masing deklarasi di akhiri dengan titik koma. Bila terdapat jenis yang sama.ketika kita mendeklarasikan variable,constanta,type,dan label, kita hanya perlu menuliskan satu reserved word saja.
contoh :

Var
  Besaran:extended;
  Banyak :integer;
   Penjelasan:string;

Sintak dan penempatan sebuah deklarasi  tergantung bagai mana kita menggambarkan identifier yang kita definisikan. Untuk deklarasi general terletak di awal blok  atau di awal bagian Interface  atau Implementation dari sebuah unit.

Hinting directives
platform, deprecated, dan library mungkin ditambahkan kepada deklarasi sebuah deklarasi, direktif ini akan memberi peringatan ketika pengkompilasian.

hinting direktives dapat dipakai untuk: 
deklarasi type variabel,
deklarasi struktur dan class, 
deklarasi field didalam class atau record, 
deklarasi procedur fungsi dan metod 
deklarasi unit.
Ketika hint directives ada dalam sebuah deklarasi unit, hint berlaku bagi setiap bagian unit.seperti contoh unit Windows 3.1 style OleAuto.pas, setiap kali memakai unit ini atau setiap symbol didalam unit ini akan menghasilkan pesan kutukan.
hinting directive platform menandakan kalau symbol atau unit tidak ada atau implementasi dapat diganti-ganti dengan platform yang berbeda.
hinting directive library menandakan symbol atau unit tidak ada atau implementasi dapat diganti-ganti dengan library yang berbeda.

hinting directives digunakan sebagai penanda sesuatu yang bersifat experimental,jadi ketika kita membuat sesuatu unit atau library yang masih belum teruji dapat membubuhkan direktif ini.

STATEMENT
Statmen mendefinisikan aksi algoritma di dalam program.

Simple statement seperti assignment(memasukan nilai secara langsung) dan pemanggilan procedure dapat dikombinasikan dengan sebuah loop,statemen kondisional (if) atau statement struktur lainnya.

Multiple statmen (struktural) terjadi  didalam sebuah blok, juga bagian ititalization dan finalization dari sebuah unit, yang dipisahkan dengan titik koma.

Simple statement
Statement sederhana tidak berisi statement lain, statement sederhana meliputi assignments, procedure, function dan lompatan menggunakan goto.

Assignment statement
Assignment statement mempunyai bentuk:
Variable=expression
Dimana variable adalah setiap variable reference,including a variable,variable typecast, derferenced pointer, atau komponen variable struktur. ekspresi dapat berupa nilai langsung atau hasil sebuah proses. Ekspresi hasil sebuah function dapat dicantumkan dengan mencantumkan nama fungsi tersebut(bias dilihat di bagian procedure dan function). Symbol :=  kadang kadang disebut operator assignment.
Assignment statement merubah nilai dari variable dengan nilai ekspresi.
I:=3;
Dengan seperti ini nilai yang terkandung didalam variable I adalah 3;
Anda dapat memasukan nila seperti ini
I:=I+1;
X := Y + Z;
Done := (I >= 1) and (I < 100);
Hue1 := [Blue, Succ(C)];
I := Sqr(J) - I  * K;
Shortint(MyChar) := 122;
TByteRec(W).Hi := 0;
MyString[I] := 'A';
SomeArray[I + 1] := P^;
TMyObject.SomeProperty := True;

Pemanggilan prosedur dan fungsi
Memanggil sebuah procedur  atau fungsi dapat dilakukan dengan memanggil nama prosedur atau fungsi tersebut.
PrintHeading;
Transpose(A, N, M);
Find(Smith, William);
Writeln('Hello world!');
DoSomething();
Unit1.SomeProcedure;
TMyObject.SomeMethod(X,Y);

Go to statement
Menggunakan go to statemen dapat di tuliskan sepeti berikut:
Goto label;
Perintah untuk memindahkan pembacaan baris perintah ke tempat yang sudah di beri tanda , dengan terlebih dahulu dideklarasikan.

struktural statemen.
bila sobat membuat program mungkin akan banyak menggunakan statement yang digabung menjadi satu. gabungan statement tersebut diberi nama struktural statement.
(Bersambung ..........)

No comments:

Iklan

Iklan

Iklan