Deklarasi
dan Statemen
Artikel dibawah ini akan membahas tentang deklarasi dan
statemen kecuali klosa uses dan
reservedword (dan hal-hal yang berkaitan dengan unit seperti implementation). Program dibangun dari deklarasi dan statements yang di kelola didalam sebuah block.
deklarasi
deklarasi
DEKLARASI
Nama dari sebuah variable, constanta, type
filed,propertys,procedure, function,program, unit library,dan packages disebut
identifier.
Sebuah identifier harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum dapat kita pakai.
variable result tejadi di dalam sebuah blok function.
Sedangkan variabel self digunakan didalam implementation sebuah metod.
Sebuah identifier harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum dapat kita pakai.
variable result tejadi di dalam sebuah blok function.
Sedangkan variabel self digunakan didalam implementation sebuah metod.
Sebuah deklarasi mendefinisikan identifier dan ketika sesuai
akan di alokasikan memori untuk menampung identifier tersebut.
Untuk mendeklarasikan sebuah variabel kita dapat
menganalogikan sebuah wadah kosong yang diberi nama dan wadah tersebut
mempunyai kapasitas daya tampung dan jenis barang apa yang dapat di tampung.
contoh:
contoh:
var ukuran: Extended;
deklarasi variabel bernama ukuran dapat
diisi jenis extended(termasuk katagori bilangan riil).
contoh :
contoh :
Function jalankan(x,y:string):integer;
Deklarasi sebuah fungsi bernama jalankan mempunyai dua buah argument string dan return(hasil keluaran) bertipe integer. Masing masing deklarasi di akhiri dengan titik koma. Bila terdapat jenis yang sama.ketika kita mendeklarasikan variable,constanta,type,dan label, kita hanya perlu menuliskan satu reserved word saja.
contoh :
Var
Var
Besaran:extended;
Banyak :integer;
Penjelasan:string;
Sintak dan
penempatan sebuah deklarasi tergantung
bagai mana kita menggambarkan identifier yang kita definisikan. Untuk deklarasi
general terletak di awal blok atau di
awal bagian Interface atau
Implementation dari sebuah unit.
Hinting directives
platform,
deprecated,
dan library mungkin ditambahkan kepada deklarasi sebuah deklarasi, direktif ini akan memberi
peringatan ketika pengkompilasian.
hinting direktives dapat dipakai untuk:
deklarasi type variabel,
deklarasi struktur dan class,
deklarasi field didalam class atau record,
deklarasi procedur fungsi dan metod
deklarasi unit.
hinting direktives dapat dipakai untuk:
deklarasi type variabel,
deklarasi struktur dan class,
deklarasi field didalam class atau record,
deklarasi procedur fungsi dan metod
deklarasi unit.
Ketika hint directives ada dalam sebuah
deklarasi unit, hint berlaku bagi setiap bagian unit.seperti contoh unit Windows
3.1 style
hinting directive platform menandakan kalau
symbol atau unit tidak ada atau implementasi dapat diganti-ganti dengan
platform yang berbeda.
hinting directive library menandakan symbol atau unit tidak ada atau implementasi dapat diganti-ganti dengan library yang berbeda.
hinting directive library menandakan symbol atau unit tidak ada atau implementasi dapat diganti-ganti dengan library yang berbeda.
hinting directives digunakan sebagai penanda sesuatu yang bersifat experimental,jadi ketika kita membuat sesuatu unit atau library yang masih belum teruji dapat membubuhkan direktif ini.
STATEMENT
Statmen mendefinisikan aksi algoritma di
dalam program.
Simple statement seperti assignment(memasukan nilai secara langsung) dan pemanggilan procedure dapat dikombinasikan dengan sebuah loop,statemen kondisional (if) atau statement struktur lainnya.
Multiple statmen (struktural) terjadi didalam sebuah blok, juga bagian ititalization dan finalization dari sebuah unit, yang dipisahkan dengan titik koma.
Simple statement
Statement sederhana tidak berisi
statement lain, statement sederhana meliputi assignments, procedure, function
dan lompatan menggunakan goto.
Assignment statement
Assignment statement mempunyai bentuk:
Variable=expression
Dimana variable adalah setiap variable
reference,including a variable,variable typecast, derferenced pointer, atau
komponen variable struktur. ekspresi dapat berupa nilai langsung atau hasil
sebuah proses. Ekspresi hasil sebuah function dapat dicantumkan dengan
mencantumkan nama fungsi tersebut(bias dilihat di bagian procedure dan
function). Symbol := kadang kadang
disebut operator assignment.
Assignment statement merubah nilai dari
variable dengan nilai ekspresi.
I:=3;
Dengan seperti ini nilai yang terkandung
didalam variable I adalah 3;
Anda dapat memasukan nila seperti ini
I:=I+1;
X := Y + Z;
Done := (I >= 1) and (I < 100);
Hue1 := [Blue, Succ(C)];
I := Sqr(J) - I * K;
Shortint(MyChar) := 122;
TByteRec(W).Hi := 0;
MyString[I] := 'A';
SomeArray[I + 1] := P^;
TMyObject.SomeProperty := True;
Pemanggilan
prosedur dan fungsi
Memanggil sebuah procedur atau fungsi dapat dilakukan dengan memanggil
nama prosedur atau fungsi tersebut.
PrintHeading;
Transpose(A, N, M);
Find(Smith, William);
Writeln('Hello world!');
DoSomething();
Unit1.SomeProcedure;
TMyObject.SomeMethod(X,Y);
Go
to statement
Menggunakan go to statemen dapat di
tuliskan sepeti berikut:
Goto label;
Perintah untuk memindahkan pembacaan baris
perintah ke tempat yang sudah di beri tanda , dengan terlebih dahulu
dideklarasikan.
struktural statemen.
bila sobat membuat program mungkin akan banyak menggunakan statement yang digabung menjadi satu. gabungan statement tersebut diberi nama struktural statement.
(Bersambung ..........)
No comments:
Post a Comment