5/21/14

Meningkatkan Resolusi dan Warna mode grafik Tubo Pascal 7.0


Sobat sekalian kali ini saya akan membahas grafik driver alias bgi driver yang akan membuat resolusi program yang dibuat dari turbo pascal sobat jadi lebih menarik karena resolusi yang didukung oleh bgi driver ini mampu meningkatkan resolusi sampai 1280x1024 dengan warna 64kbit artinya kita bisa menampilkan gambar dengan lebih tajam. Karena Bgi driver, penggunaannya mudah sekali, seperti kita menggunakan egavga.bgi driver bawaan dari Turbo Pascal 7.0 dengan menggunakan perinta unit graph. Tentu saja kita harus menginstal terlebih dahulu agar terdeteksi kompiler.  

Pertama tama sobat download dulu bgi drivernya disini.

Setelah sobat mendownload filenya sobat bisa mengekstrak file yang berada pada file svgabg55.zip
Kemudian satukan isi folder bgi30 ke direktory dimana kita akan membuat program. karena bgi driver akan digunakan saat program yang kita buat berjalan.

Untuk masuk mode grafik seperti biasa kita menggunakan procedure intgraph yang berada pada unit graph dengan terlebih dahulu kita instal dulu bgi drivernya. Dengan kode sebagi berikut:
Driver := InstallUserDriver('svga64k', nil);
if Driver = grError then  
  Halt(1);
InitGraph(Driver,mode,' ');
If graphresult= grok then
Begin
{masukan kode sobat disini}
End;

String svga64k menunjukan kita menginstall svga64k.bgi
Berbeda dengan yang kita ketahui ketika memasukan warna pada procedure putpixel atau pun setcolor dimana kita dapat memasukan secara langsung nomor palet warna yang akan kita gunakan. Disini kita harus menggunakan beberapa fungsi agar warna yang kita inginkan dapat muncul sesuai dengan keinginan.

Misalkan :
setcolor(realdrawcolor(nomorwarna));
putpixel(x,y,realcolor(nomorwarna));

Kode fungsi ada pada file vgademo.pas

Mungkin itu saja mudah mudahan bermanfaat.

No comments:

Iklan

Iklan

Iklan