5/7/14

Cara Booting ubuntu live iso dari Grub



postingan ini cerita pengalaman pribadi kemarin-kemarin sewaktu kompi kesayangan terjangkit banyak virus, saya teringat kalo punya image cd Live ubuntu 10.4 LTS dan saya coba cari bagai mana trik booting dari grub dikarenakan saya nggak punya cd/dvd rom. Dari sebuah forum linux saya mendaptakan beberapa kode yang saya coba tapi nggak berhasil. Nah dari kode tersebut saya melihat ada beberapa perintah grab yang mengacu kepada dua buah file yang berada pada cd live ubuntu 10 yaitu yang pertama vmlinuz dan initrd.lz , diamana file vmlinuz diload sebagai kernel linux dan initrd.lz sebagai root directory ketika cd live ubuntu berjalan. Akhirnya saya coba copas kedua file tersebut kedirektory HBCD . Sebetulnya kita dapat menyimpan dimana saja tapi kita harus memberikan parameter terhadap perintah grub dengan directory lengkap misalnya saya meberikan (sebetulnya merubah yang ada) kode seperti berikut

title Ubuntu LiveCD
find --set-root/HBCD/ubuntu.iso
kernel /HBCD/vmlinuz file=/cdrom/preseed/ubuntu.seed boot=casper iso-scan/filename=/HBCD/ubuntu.iso quiet splash --
initrd /HBCD/initrd.lz


boot

saya masukan kode diatas kedalam file menu.lst alhasil booting bisa berjalan. Namun saya mendapat kendala lagi, ternyata booting hanya masuk mode text.

Sobat delphi terus terang saya awam kalo pake linux alhasil saya harus extra mencari jawaban dari ketidak beruntungan saya, sebab saya memakai vga yang sangat-sangat ketinggalan zaman lebainya vga purbakala wkwkw,kalo boleh cerita saya mendapat kan vga ini sewaktu saya membongkar rumah makan katanya yang punya nggak mau ribet pokoknya semua barang harus dikeluarkan  wajan berbagai ukuran serta berbagai peralatan memasak saya jual ketukang rongsok termasuk kompi prosessor intel pentium II yang sebelumnya saya cabut vga dan soundkarnya.  Vga nya saya pake sekarang dikarenakan vga yang saya punya rusak.di linux vga nya kebaca Real Magic 64/GX sementara di wxp gak diketahui dan sudah saya coba cari drivernya nggak pernah ketemu kecuali driver win95 yang kalo dicoba pake win 95 nggak guna alias gak bisa terinstall.

Sobat delphi yang membuat saya penasaran adalah ketika menjalan kan mini RipLinux yang ada pada Hiren linuxnya bisa masuk mode GUI. Tapi Namanya mini, nggak semua keinstall, modem USB saya jadi nggak bisa dipake  sedangkan di ubuntu udah saya coba, bisa ke ditek. oleh karena itu saya coba utak atik kode booting kernel dan initrd nya (saya sarankan anda tidak mencoba sendiri nanti anda tahu sebabnya) dengan mengganti kernel menjadi linux booting ternyata bisa masuk GUI tapi keybord dan Mouse USB saya nggak jalan .terpaksa saya restar dari tombol manual. Disini saya teringat keyboard ps2 yang udah gak kepake dan coba saya pasang dan booting dengan settingan tadi yaitu kerne=linux alhasil say menggunakan keyboard bekas tadi tapi ketika saya menjalankan perintah pada terminal untuk menginstal modem usb saya, ternyata ketika saya ketikan lsmod modul nggak ada yang jalan satupun termasuk modul usbserial saya coba cari dari cd dan gak tau diman modul tersebut berada.alhasil saya keluar masuk ubuntu dan mengkopikan file file yang diperlukan dan terus berulang ketika menenmukan error yang mengharuskan saya mengkopi file yang nggak ada pada RipLinux ,dan hasilnya nol nggak bisa jalan. Disini saya sempet binguuung nggak tau harus gimana dan dimana ketidak tahuan saya. Saya coba pelajari cara instal modem di RipLinux tapi nggak menemukan artikel yang membahas.

Dengan tanpa sengaja saya menemukan hal baru yang membuat saya nggak tahan menertawakan kebodohan saya. Ternyata semua file modul berada pada initrd.lz hal ini saya ketahuio ketika melihat icon initrd.lz sewaktu mnejalankan  riplinux. Ternyata riplinux mendeteksi file ini sebagai file zip dan saya mencaba membuka file tersebut ternyata berisi image file root. Meskipun tanpa extensi tapi file initrd terdeteksi sebagai file type cpio jadi saya coba browsing gimana ngepak dan unpak file tersebut.

Saya mulai lagi dengan mengabungkan file modul yang berada pada  initrd.lz dengan memasukan ke riplinux.gz menggunakan cpio. Tetep nggak jalan sama sekali ayang ada kernel malah panik nggak tau apa yang error. Saya coba lagi Kali ini saya menggabungkan seluruh file. Alhasil kernel panik plus keyboard ps2 saya yang lama rusak.

Sambil kebingungan saya coba baca dan pelajari error yang dikeluarkan sewaktu saya menjalankan mode gui kemudian saya cari tau dengan googling ada sedikit pencerahan. Ketika di forum hanya membahas error yang berada pada file xorg.conf. Disini saya coba kopikan filexorg.conf  yang berada pada rip linux. Dan ketika saya menjalankan mode gui ternyata berjaln juga. Sambil tertawa kecil saya shutdown kompi saya.dan kemudian tidur.



Sebetulnya ada beberapa hal yang tidak saya tuangkan pada cerita diatas karena akan memuat ruang yang panjang. Dibawah ini ada beberapa hal yang akan saya berikan kesimpulan yang menambah keilmuan saya tentang linux.

Masuk mode gui dari mode konsol

perintah : startx

Install modem USB dari konsol

disini saya menggunakan huawei E160

pertama masukan perintah lsusb . Dimonitor saya terbaca

Bus 001 Device 021: ID 12d1:1003 Huawei Technologies Co., Ltd. E220 HSDPA Modem / E270 HSDPA/HSUPA Modem

disini kita kita akan mengambil parameter ID 12d1:1003 untuk dimasukan keparameter usbserial

sudo modprobe usbserial vendor=12d1 product=1003

kemudian tekan enter

ketikan sudo wvdialconf enter

jika wvdial belum terinstall masukan perintah

sudo apt-get install wvdial

pada cd live ubuntu  saya paket wvdial sudah ada jadinya sudah nggak suah nyari.

Ketikan kembali sudo wvdialconf

masukan nomor telepon user dan password dengan cara ketik
sudo wvdial phone=nomer telepon password=passwordnya username=usernamenya

tunggu respon berikutnya

tekan Alt+F1 atau Alt+F2 atau Alt+Fberapa aja untuk berpindah konsol

ketikan ifconfig untukmelihat modem sudah terpasang pada monitor saya terlihat hasil

lo        Link encap:Local Loopback 
          inet addr:127.0.0.1  Mask:255.0.0.0
          inet6 addr: ::1/128 Scope:Host
          UP LOOPBACK RUNNING  MTU:16436  Metric:1
          RX packets:52 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:52 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:0
          RX bytes:2960 (2.9 KB)  TX bytes:2960 (2.9 KB)


ppp0      Link encap:Point-to-Point Protocol 
          inet addr:120.177.164.121  P-t-P:10.64.64.64  Mask:255.255.255.255
          UP POINTOPOINT RUNNING NOARP MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:1527 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:1764 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:3
          RX bytes:957590 (957.5 KB)  TX bytes:220561 (220.5 KB)

modem sudah konek kemudian tes ping krmana aja

jika sudah terkoneksi kita bisa browsing menggunakan perintah www-browser alamat web untuk browsing pada mode konsol.


File pengganti xorg.conf
bagi kamu yang nggak bisa masuk mode gui (desktop) karena pesan error not found kamu bisa coba ganti (bekap dulu) isi file xorg.conf dengan:

Section "Module"
    Load        "extmod"
    SubSection  "extmod"
    Option      "omit xfree86-dga"
    EndSubSection
EndSection


Section "Files"
          ModulePath   "/usr/lib/xorg/modules"
          FontPath     "/usr/share/fonts/TTF"
          FontPath     "/usr/share/fonts/misc"
        FontPath     "/usr/share/fonts/75dpi"
EndSection


Section "ServerFlags"
EndSection


Section "Monitor"
    Identifier  "My Monitor"
#        HorizSync    28.0 - 78.0 # Warning: This may fry very old Monitors
          HorizSync    28.0 - 96.0 # Warning: This may fry old Monitors
        VertRefresh  60.0 - 85.0
EndSection


Section "InputDevice"
    Identifier   "Keyboard1"
    Driver       "kbd"
    Option      "AutoRepeat" "250 30"
    Option      "XkbLayout"     "us"
EndSection


Section "InputDevice"
    Identifier       "Mouse1"
    Driver           "mouse"
    Option          "Protocol" "Auto"
    Option      "Device"        "/dev/input/mice"
    Option          "ZAxisMapping" "4 5"




mudah mudahan bisa berhasil. Lalu ketikan perintah  sudo startx





mungkin sekian dulu cerita saya.sobat delphi boleh bertanya seputar artikel ini  insya alloh saya jawab. Sumber belum saya cantumkan karena ada beberapa poin yang akan masih saya tambahka.

No comments:

Iklan

Iklan

Iklan