3/8/10

Variabel Delphi

 Saat komputer menjalankan sebuah program tentu memerlukan data-data untuk di proses baik data input keyboard,mouse,dll. Data-data ini disimpan sementara didalam memory untuk digunakan oleh program. Dalam mengakses data di memory komputer menggunakan alamat dari memory dimana data tersebut di simpan, sedangkan untuk kita sulit rasanya apabila harus mengunakan alamat memory ketika menulis proram komputer.Untuk itu para pengembang bahasa pemrograman mempermudah penyebutan alamat tersebut dengan menamainya variabel dan konstanta.untuk konstanta saya sudah sedikit mengemukakan di artikel sebelumnya.Sekarang ini saya akan bahas tentang variabel.

Definisi
Kalau Saya boleh sederhanakan variabel di ibaratkan wadah atau tempat data disimpan selama program berjalan dan bersifat sementara.Lain halnya dengan konstanta Isi dari sebuah variabel dapat di rubah ketika program di jalankan.

Ember wadah air, lemari wadah pakaian.(maksudnya?).
Di atas saya mengibaratkan variabel sebagai wadah. nah wadah air dan pakaian ini adalah variabel, sedangkan ember dan lemari type/jenis dari variabel/wadah, untuk air dan pakaian adalah type/ jenis data/isi dari variabel. Kalau boleh saya beri nama ember ini si manis dan lemari si tangguh.(jangan ngetawain yah!),nah simanis dan si tangguh adalah nama dari variabel itu sendiri.


Teko dan Bak mandi
Keduanya sama-sama wadah air yang membedakan hanya kapasitas penampung nya saja.demikian juga type variabel mempunyai daya tampung data yang berbeda beda. Mengapa daya tampung nya harus berbeda-beda? salah satu alasannya adalah tamu akan marah bila disediakan air minum dari bak mandi.(nggak nyambung kang) weleh sory, alasan yang tepat adalah penghematan memory, karena mungkin memory tidak hanya dipakai oleh program yang kita buat saja. jadi mengapa harus menggunakan bak mandi kalau air yang kita gunakan hanya satu teko.Untuk ukuran dan jenis type data baca juga Type Data Delphi

Ok sekarang kita terjemahkan bahasa alien di atas kedalam bahasa delphi.

Var
     jumlahsiswa:byte;
     jumlahpenduduk:cardinal;
     namapenduduk:shortstring;
begin
jumlahsiswa :=35;
jumlahpenduduk :=104862334;
namapenduduk:='abdurachim';
end;


Bersambung (sory ngantuk).

No comments:

Iklan

Iklan

Iklan