3/7/10

Konstanta

Konstanta adalah sebuah nilai yang bersifat tetap,atau data yang telah terdefinisikan terlebih dahulu dan isi data tersebut tidak dapat berubah ketika program di jalankan, karena itu konstanta hanya dapat menjadi input bagi procedur maupun function.berbeda dengan variabel yang dapat menjadi input maupun output.

Kegunaan Konstanta baru akan terasa ketika kita bekerja dengan data yang sangat banyak. tetapi memerlukan input yang sama disetiap bagian program.atau input yang lebih khusus.ataujuga  input yang sukar di tulis baik dikarenakan panjangnya atau kerumitan dari nilai tersebut. Dengan konstanta   dapat mempermudah kita ketika menulis program.

Contoh:

const
pi=3.14159; < konstanta bertipe real.
nilaimax=2147483647; <  Konstanta bertipe integer.
password='rahasia';  < Konstanta bertipe string.

contoh di atas adalah contoh yang mudah untuk di pahami. di lain kasus para programer yang ahli mengunakan konstanta untuk mendefinisikan sebuah alamat di memory. seperti alamat nilai dari keyboard monitor dll yang mungkin bagi sebagian besar orang tidak mengtahui.

Andapun dapat melihat konstanta di unit-unit yang sudah ada. seperti unit system,windows,dll. Tujuannya supaya anda dapat memahami sejauh mana penggunaan konstanta dapat mempermudah anda.

No comments:

Iklan

Iklan

Iklan